SEKILAS INFO
: - Kamis, 11-04-2024
  • 1 minggu yang lalu / Selamat Datang di  Website Resmi SMA NEGERI 1 KRAKSAAN || ⛔ TERKINI: SENYUM MASYARAKAT PADA PENYALURAN ZAKAT FITRAH SMAN 1 KRAKSAAN
BOLA BASKET

Pembina                     : Tomas Sapto Wicaksono

Jadwal Kegiatan       : Jum’at,15.00-17.00 WIB

 

Sejarah Terbentuknya Ekstrakurikuler Bola Basket SHITTONG di SMAN 1 Kraksaan : Ekstrakurikuler basket di SMA memiliki sejarah yang panjang dan berkembang seiring dengan berkembangnya pendidikan di Indonesia. Pada awalnya, ekstrakurikuler basket belum begitu populer di SMA. Namun, seiring dengan masuknya pengaruh budaya barat dan popularitas olahraga basket di kalangan masyarakat pada umumnya, ekstrakurikuler basket mulai terbentuk di banyak SMA di Indonesia. Terbentuknya ekstrakurikuler basket di SMA pada umumnya dimulai pada tahun 1970-an dan 1980-an. Pada periode ini, beberapa SMA di Indonesia mulai melihat potensi olahraga basket sebagai media pendidikan yang dapat membantu perkembangan fisik dan karakter siswa. Selain itu, prestasi-prestasi olahraga basket juga mulai diakui oleh masyarakat sebagai ajang pembuktian kemampuan dan kebolehan siswa. Seiring dengan perkembangannya, ekstrakurikuler bola basket di SMAN 1 kraksaan mulai berdiri dan memiliki Nama SHITTONG binaan dari ekstrakurikuler bola basket yang ada di SMAN 1 Kraksaan.

SHITTONG yg berarti Satu , nama sederhana yg di ambil dari bahasa madura yg merupakan bahasa sehari hari masy. Kab. Probolinggo. Nama SHITTONG Inilah yg menjadi inisiasi dr siswa Sman 1 Kraksaan untuk membentuk Tim Bola Basket Sman 1 Kraksaan Hingga sampai saat ini . SHITTONG Basket Ball merupakan Tim Basket SMAN 1 Kraksaan yg berdiri pada tgl 13 Desember 2016 . Pada Saat tahun 2016 tersebut merupakan generasi pertama yang membentuk nama SHITTONG . Pada Mulanya Tim Basket Sman 1 Kraksaan sdh ada sejak Tahun 2003 yang bernama ASMAC (Arek Sma Kraksaan). Perkembangan Zaman berganti , pada tahun 2016 , Generasi Pertama melalui pelatihnya pada saat itu Merubah nama ASMAC dan Memberikan nama SHITTONG , yang nantinya tim tersebut akan mewakili Sman 1 Kraksaan untuk mengikuti kompetisi antar sekolah dan turnamen olahraga basket .

Seiring dengan berjalannya waktu, ekstrakurikuler basket di SMA semakin berkembang dan melahirkan banyak atlet – altet basket berbakat. Beberapa siswa yang memiliki potensi dan prestasi yang cukup tinggi dalam ekstrakurikuler basket juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Kejuaran Di tingkat Kab/ Kota , Provinsi Hingga Nasional . Prestasi-prestasi ini kemudian semakin menginspirasi siswa-siswa SMA lainnya untuk bergabung dalam ekstrakurikuler basket dan mengembangkan bakat mereka. Dengan terbentuknya ekstrakurikuler basket di SMA, banyak manfaat yang didapatkan oleh siswa. Mereka tidak hanya bisa berolahraga dan meningkatkan keterampilan dalam bermain basket, tetapi juga belajar tentang teamwork, keberanian menghadapi tantangan, serta melatih kedisiplinan dan tanggung jawab. Ekstrakurikuler basket juga menjadi ajang untuk membentuk persahabatan dan solidaritas antar siswa di SMA. Secara keseluruhan, terbentuknya ekstrakurikuler basket di SMA memiliki sejarah panjang dan terus berkembang seiring dengan minat dan potensi siswa dalam olahraga ini. Melalui ekstrakurikuler bola basket , siswa dapat memperoleh keterampilan, prestasi, dan pengalaman berharga yang dapat membantu perkembangan pribadi mereka.

 

Tujuan dibentuknya ekstrakurikuler bola basket :

1. Membentuk karakter siswa. Melalui ekstrakurikuler basket, siswa dapat belajar nilai-nilai penting seperti kerja keras, disiplin, kerjasama tim, tanggung jawab, sportivitas, dan ketekunan.

2. Pengembangan kemampuan fisik. Melalui latihan dan pertandingan basket, siswa dapat mengembangkan kekuatan fisik, ketangkasan, kecepatan, dan daya tahan tubuh.

3. Pengembangan kemampuan teknis dan taktik. Siswa dapat belajar dan mengasah keterampilan dasar basket seperti dribble, tembakan, passing, dan pertahanan. Mereka juga dapat belajar strategi dan taktik permainan.

4. Mengembangkan bakat dan minat. Ekstrakurikuler basket dapat menjadi tempat bagi siswa yang memiliki minat dan bakat dalam olahraga ini untuk mengembangkan potensi mereka secara maksimal.

5. Pembentukan jiwa kompetitif. Melalui pertandingan dan kompetisi antar sekolah, siswa dapat belajar bersaing dengan sehat, mengembangkan rasa percaya diri, dan menghadapi tantangan dengan sikap yang positif.

6. Pembentukan kegiatan positif di luar jam sekolah. Ekstrakurikuler basket dapat menjadi aktivitas yang positif dan bermanfaat bagi siswa di luar jam sekolah. Hal ini dapat membantu siswa menghindari kegiatan yang negatif atau tidak produktif.

7. Meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Melalui latihan rutin dan aktifitas permainan basket, siswa dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran fisik mereka.

8. Membentuk solidaritas dan persaudaraan antar siswa. Melalui latihan dan pertandingan, siswa dapat membentuk persaudaraan, solidaritas, dan saling mendukung satu sama lain. Mereka juga belajar bekerja sebagai tim dan menghargai perbedaan individu.

 

Manfaat Bermain Bola Basket Bagi Siswa :

1. Meningkatkan Koordinasi dan Kestabilan Tubuh Manfaat bermain basket yang pertama adalah meningkatkan koordinasi dan kestabilan tubuh. Pasalnya, selama permainan, Pemain harus mempertahankan kestabilan tubuh sekaligus mengkoordinasikan setiap gerakan dengan cepat. Olahraga ini juga mendorong Pemain menggunakan keterampilan motorik, seperti menggiring, mengoper, serta melempar bola sambil melompat dan mengubah arah tubuh.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang Manfaat bermain bola basket berikutnya adalah meningkatkan kesehatan tulang. Olahraga tim satu ini memberikan dampak baik bagi kekuatan tulang . Bagaimana tidak, Setiap Pemain terus berlompat dan berlari sepanjang permainan. Hal ini melatih kekuatan otot hingga membuat tulang menjadi lebih padat.

3. Memperkuat Ketahanan Otot Selain meningkatkan kesehatan tulang, manfaat olahraga basket juga diketahui bisa memperkuat ketahanan otot. Secara mendasar, olahraga ini memerlukan stamina, kekuatan serta kecepatan. Sebab , Pemain harus bergerak dengan gesit dengan ketahanan otot yang kuat. Bila melatihnya secara rutin, masing – masing pemain bisa meningkatkan stamina dan performa fisik tubuh menjadi lebih baik setiap harinya.

4. Menurunkan Berat Badan Manfaat bermain bola basket lainnya adalah menurunkan berat badan dengan efektif.  Sebab, gerakan yang cepat selama permainan seperti berlompat dan berlari membuat tubuh membakar kalori lebih banyak pula. Pada seseorang dengan berat badan 75 kg, kalori bisa terbakar hingga 600 kkal . Sementara, pada orang dengan berat 113 kg akan membakar 900 kalori dalam satu jam permainan .

5. Menambah Tinggi Tubuh Di samping menurunkan berat badan, manfaat bermain bola basket juga dikenal bisa membantu menambah tinggi tubuh. Mengingat ring basket terletak sekitar 3 meter dari tanah, Anda pun harus melompat agar bisa memasukkan bola ke dalam ring tersebut. Proses melompat selama bermain inilah yang membantu membuat badan pemain jadi cepat tinggi. Terlebih lagi, kelincahan gerakan dalam permainan , melatih kekuatan otot pada kaki . Hal ini diketahui mampu memicu tulang memanjang dengan cepat, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

6. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular Manfaat bermain bola basket yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan kardiovaskular. Permainan dengan intensitas tinggi di mana semua pemain berlari dan bergerak begitu cepat tentu membuat jantung berdetak lebih cepat. Lemak-lemak dalam tubuh pun akan terbakar, sehingga mencegah penyakit metabolik. Hal tersebut juga dinilai baik bagi kesehatan jantung dan mampu mencegah stroke ataupun penyakit-penyakit jantung lainnya di masa mendatang.

7. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Tahukah , manfaat bermain bola basket bagi mental adalah menumbuhkan rasa percaya diri. Sebab, basket merupakan olahraga beregu di mana , pemain harus bisa saling mendukung dan memotivasi teman satu tim. Pemain akan terbiasa berada dalam kelompok dan harus siap mendengarkan kritik demi keberhasilan tim. Inilah yang kemudian menumbuhkan rasa percaya diri.

8. Meredakan Stres Seperti olahraga lainnya, basket juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stres. Aktivitas fisik semacam ini diketahui dapat memicu hormon endorfin .yang kemudian membuat seseorang jadi lebih rileks sekaligus merasa senang.

9. Melatih Sikap Sportif Ketika seoranf pemain bertanding, pemain wajib bermain secara adil dan mengutamakan sikap sportif terhadap tim lawan. Tiap pemain juga harus bisa menerima kekalahan dengan lapang dada dan menghargai kemenangan atau keberhasilan orang lain. Ini merupakan bagian penting dalam permainan.

10. Menjaga Kestabilan Emosi Manfaat bermain bola basket yang terakhir adalah menjaga kestabilan emosi. Seperti dijelaskan sebelumnya, olahraga beregu ini melatih tiap² pemain menghargai orang lain. Setiap pemain / Tim harus bisa menerima kritik maupun kesalahan selama bermain tanpa harus melibatkan emosi, berpikir sebelum bertindak, dan siap mendengarkan pendapat orang lain. Secara tidak langsung, kestabilan emosi ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan para pemain nantinya.

Telp Sekarang
Lokasi