SEKILAS INFO
: - Kamis, 18-07-2024
  • 3 bulan yang lalu / Selamat Datang di  Website Resmi SMA NEGERI 1 KRAKSAAN || ⛔ TERKINI: SUKSES PERTEMUAN TERAKHIR RESA ARE ; TELISIK BUDAYA TER-ATER DALAM KEHANGATAN RAMADHAN.
Peraih prestasi : Tim Literasi SMAN 1 Kraksaan
JUARA 1 KATEGORI FEATURES DAN JUARA 3 KATEGORI KONTEN TULISAN

Created by Diva Tri Wahyuningsih & Robith Bil Haq Zidni Ilma

Literasi Award 2023 dimulai dengan sosialisasi lomba pada Senin (07/08). Pada acara ini peserta tidak hanya diajak untuk membuat dan memperlombakan berita tetapi juga diberikan materi jurnalistik. Peserta juga diajak untuk peka terhadap realitas sosial yang ada sehingga mengailkan sebuah agend pengabdian di masyarakat, di mana peserta diajak untuk mengajar lansia membaca, menulis, dan berhitung (CALISTUNG) yang terlaksana pada Senin (04/09). Hingga tiba pada kulminasi dari rangkain acara ini yakni Penganugerahan Literasi Award 2023.

Penganugerahan Literasi Award 2023 digelar Sabtu (09/09). Puncak dari rangkaian Literasi Award 2023 ini adalah momentum yang ditunggu-tunggu oleh para pelajar MA/SMA/SMK se-Kabupaten dan Kota Probolinggo. Acara ini diselenggarakan oleh PT. POMI Paiton Energy dan bekerja sama dengan Radar Bromo. Acara ini diadakan untuk memperingati hari literasi nasional dan HUT PT. POMI yang ke-28

SMAN 1 Kraksaan medelegasikan 2 Tim Literasi yang akan mengikuti ajang Literasi Award 2023 ini. Tim A yang beranggotakan Diva Triwahyuningsih,  Aliyah Alfi, Wardatul Hasanah, Syarif Eka Prasetya, dan Akhdan Hafiz Anugrah dan Tim B yang beranggotakan Hafidh Ainurrahman, Trizha Nur Hidayah Putri, Emelie Naura Ramadhani, Riska Anggun Maulani, dan Robith Bil Haq Zidni Ilma, dengan pendampingan pembina Ary Wibowo, S.Pd, Yuanita Widiastuti, S.Pd dan Mohammad Adibillah, S.Psi, kedua Tim Literasi mendapatkan Nominasi yakni ‘Features’ dan ‘Konten Tulisan’ dalam ajang bergengsi tersebut.

Penganugerahan berjalan dengan seru dan menarik, acara ‘pecah’ ketika diadakan kuis yang berbasis digital, di mana semua orang yang berada di Rechall POH 1 PT Paiton Energy – PT POMI dapat mengikuti kuis tersebut. Hanya diambil 2 pemenang dalam kuis tersebut dan 1 pemenang dari penanya terbaik sebelum kuis dimulai, Tim Literasi SMAN 1 Kraksaan juga mencoba peruntungannya dengan menanyakan beberapa pertanyaan. Namun keberuntungan belum berpihak pada mereka.

Tidak ada yang menyana bahwa hadiah yang diberikan kepada pemenang kuis dan penanya terbaik adalah 3 unit sepeda motor listrik. Tampak kekecewaan terlukis diwajah Tim Literasi SMAN 1 Kraksaan karena tidak tidak ada satupun yang terpilih. “—kita sudah ada 2 penanya, masa’ tidak ada satupun yang terpilih” Ucap Syarif Eka Prasetya untuk mempertegas kekecewaannya selaku salah satu anggota Tim Literasi SMAN 1 Kraksaan.

Namun kekecewaan tersebut luntur seketka dan berganti ketegangan ketika memasuki acara inti yakni Penganugerahaan Literasi Award 2023. Dimulai dengan Kategori Konten Tulisan dan Tim B menyabet Juara 3 dalam ketegori tersebut. Disambung dengan Juara 1 Tim A pada Kategori Features. Lengkingan suara teriakan Tim Literasi SMAN 1 Kraksaan juga menambah gemuruhnya acara tersebut.

“Prestasi ini membuat bahagia dan sekaligus menjadi tantangan agar lebih semangat lagi dalam berkarya.” ujar guru bahasa indonesia sekaligus pembimbing literasi SMAN 1 Kraksaan, Yuanita Widiastuti, Minggu (10/9/2023). “Tim A memiliki kekuatan dari sisi profil tokoh yang diangkat, sehingga layak mendapatkan juara 1.” lanjutnya lagi.

Salah satu anggota tim literasi SMAN 1 Kraksaan, Diva menekankan bahwa kesuksesan ini adalah hasil dari kerja keras dan semangat yang tak pernah padam. “Kami harus merelakan waktu belajar dikelas untuk mengerjakan karya yang akan diserahkan, Perpustakaan SMAN 1 Kraksaan menjadi saksi bisu perjuangan kami. Alhamdulillah, kami berhasil.” lanjut Hafiz, anggota tim lainnya.

Kepala SMAN 1 Kraksaan, Bambang Sudiarto S.pd, M.M.Pd, dengan keyakinan penuh, menyatakan bahwa tim ini siap untuk mencetak prestasi lebih besar di kompetisi mendatang. Ini sesuai visi sekolah : “BELIA , BERLIAN, GLOBAL, TERATASI”. Seluruh komunitas sekolah mengucapkan selamat atas prestasi gemilang ini.

Pengunting Mohammad Adibillah, S.Psi

Telp Sekarang
Lokasi